FIFA bersumpah ‘invasi’ sebagai tempat Piala Dunia Sepak Bola 2026 terungkap

 

FIFA bersumpah ‘invasi’ sebagai tempat Piala Dunia Sepak Bola 2026 terungkap – Presiden FIFA Gianni Infantino memperingatkan Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat untuk bersiap menghadapi “invasi” sepak bola pada Kamis saat kota-kota tuan rumah Piala Dunia 2026 diumumkan.

Piala Dunia pertama yang diselenggarakan bersama oleh tiga negara berbeda juga akan melihat rekor jumlah tim yang ambil bagian, meningkat 16 dari 32 menjadi 48 saat turnamen kembali ke Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak putaran final 1994.

16 tempat yang disebutkan pada hari Kamis termasuk 11 di Amerika Serikat, tiga di Meksiko dan dua di Kanada.

Semua pertandingan AS akan diadakan di tempat-tempat yang menjadi rumah bagi tim NFL, seperti Stadion SoFi senilai $5 miliar di Los Angeles dan New York Giants serta Stadion MetLife 82.000 tempat duduk New York Jets di East Rutherford. menjadi tuan rumah final.

Sebanyak 60 dari 80 pertandingan di turnamen – termasuk semua pertandingan sistem gugur dari perempat final dan seterusnya – akan berlangsung di venue AS.

Stadion Azteca yang ikonik di Mexico City – tuan rumah putaran final Piala Dunia 1970 dan 1986 – termasuk di antara tiga tempat di Meksiko bersama dengan kota Monterrey dan Guadalajara.

Vancouver dan Toronto akan menggelar pertandingan Kanada di turnamen tersebut.

Sementara itu Infantino mengatakan 2026 akan melampaui final 1994 di Amerika Serikat – yang memegang rekor jumlah kehadiran tertinggi – dalam segala hal.

“2026 akan jauh, jauh lebih besar,” kata Infantino. “Saya pikir bagian dunia ini tidak menyadari apa yang akan terjadi pada 2026.

“Tiga negara ini akan dijungkirbalikkan dan kemudian dijungkirbalikkan lagi. Dunia akan menyerang Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

“Mereka akan diserbu oleh gelombang besar kegembiraan dan kebahagiaan.”

Infantino mengatakan dia berharap Piala Dunia akan memacu perkembangan sepak bola di kawasan itu lebih jauh.

“Di bagian dunia ini Anda memimpin dunia di banyak bidang. Tapi di olahraga nomor satu di dunia, sepak bola atau sepak bola, Anda belum,” katanya. “Tujuannya adalah Anda memimpin dunia dalam olahraga nomor satu dunia.”

Keputusan tentang tempat mana yang akan menjadi tuan rumah pertandingan tenda seperti final Piala Dunia dan pertandingan pembukaan belum diambil.

“Itu masih harus kita bahas, kita masih harus menganalisis itu,” kata Infantino. “Kami akan mengambil keputusan pada waktunya.”

Namun Infantino mengungkapkan bahwa mengingat penyebaran geografis yang luas dari pementasan turnamen di seluruh Amerika Utara, FIFA sedang mencari tim yang berbasis di “kelompok” regional untuk meminimalkan perjalanan.

“Ketika Anda berurusan dengan wilayah yang luas seperti Amerika Utara, kami perlu memperhatikan para penggemar dan memastikan bahwa tim bermain dalam kelompok, bahwa penggemar dan tim tidak harus melakukan perjalanan jauh,” kata Infantino.

Daftar tempat di AS membentang dari pantai ke pantai, menampilkan beberapa kota yang menjadi tuan rumah pertandingan di putaran final Piala Dunia 1994. Namun tidak ada tempat stadion yang sebenarnya dari turnamen 1994 yang akan terulang pada tahun 2026.

Tempat lainnya termasuk Stadion AT&T raksasa Dallas Cowboys di Arlington dan Stadion Hard Rock Miami Dolphins. Tujuh dari 11 tempat bernama Kamis telah menjadi tuan rumah Super Bowl.

Stadion Arrowhead Kansas City Chiefs – stadion paling keras di dunia menurut Guinness Book of World Records – juga masuk dalam daftar tersebut.

Tempat NFL di Seattle, San Francisco, Atlanta, Houston, Boston, dan Philadelphia juga ada dalam daftar.

Namun tidak ada tempat untuk Washington DC dalam daftar venue. Itu berarti turnamen 2026 akan menjadi Piala Dunia pertama sejak putaran final 1974 di Jerman Barat saat itu yang tidak menampilkan ibu kota tuan rumah.

Colin Smith, kepala kompetisi dan acara FIFA, mengakui ketidakhadiran Washington setelah proses penawaran yang “sangat kompetitif”.

“Ini adalah pilihan yang sangat sangat sulit,” kata Smith. “Sulit membayangkan Piala Dunia datang ke AS dan ibu kota tidak mengambil peran utama.”

Smith sementara itu mengatakan beberapa tempat NFL akan memerlukan sedikit modifikasi untuk memperluas “titik jepit” tetapi mengatakan kapasitas stadion tidak akan terpengaruh.

“Jumlah penggemar yang akan dapat menyaksikan Piala Dunia ini mungkin akan berlipat ganda dari yang kami miliki sebelumnya,” katanya.

“Piala Dunia 1994 memegang rekor kehadiran – dan itu akan meledak keluar dari air.”

Tinggalkan Balasan